oleh

Cara Mudah Ber-Hidroponik Didepan Rumah Pakai Botol

-TIPS-5.887 views

Sepertinya cara bertanam hidroponik sudah populer di tengah masyarakat, terutama kota – kota besar yang penuh hiruk-pikuk keramaian. Menggunakan media air, cara bertanam ini bisa membuat kita tidak harus berkotor-kotor. Tempat tanaman yang bisa digunakan juga bisa menggunakan barang yang sudah pernah dipakai, seperti misalnya botol bekas (botol bekas susu, botol bekas air mineral, botol bekas softdrink dan lain lain).

Hidroponik Pakai Botol Bekas

Ber-hidroponik menggunakan botol bekas mempunyai banyak manfaat, salah satunya pada lingkungan sekitar. Yang pertama, dengan memakai botol bekas untuk bertanam hidroponik, kita mendukung gerakan go-green yang dimulai dari rumah sendiri. Selain dapat menikmati hasil panen tanaman hidroponik yang sehat, kitapun bisa menjadikannya taman rumah yang asri. Manfaat lain dari hidroponik pakai botol bekas adalah mengurangi penggunaan plastik,  dengan mendaur ulangnya menjadi wadah / tempat bertanam hidroponik. Sepertinya cukup menarik, maka kali ini kita akan belajar untuk membuatnya. Cukup sederhana dan tidak repot!

Cara Membuat Hidroponik Pakai Botol Bekas

Untuk memulai ber-hidroponik, kita harus mempersiapkan bahan dan alat terlebih dahulu. Untuk alatnya, sediakan beberapa botol bekas kosong (bekas air mineral, softdrink dan lain lain), gunting, dan kain flannel bekas atau sumbu kompor. Bahannya sebagai media tanam hidroponik adalah air yang sudah bercampur nutrisi untuk tanaman (biasanya AB mix) dan juga benih tanaman yang sebelumnya telah disemai. Kita dapat membeli beberapa peralatan serta pupuk khusus Hidroponik di toko online dan marketplace , mudah dan murah lho.

Buka tutup botol dulu baru kemudian gunting bagian atas botol, sehingga menjadi dua bagian. Bila merasa bagian bawah botol masih terlalu tinggi, boleh kita memotongnya lagi sekitar 10 cm. Nanti bagian atas botol akan dibalik, sehingga menyerupai corong pada bagian botol yang bawah.

Dalam bertanam hidroponik pakai botol bekas, kain flannel atau sumbu kompor nantinya akan berperan  untuk mengalirkan air pada tanaman. Lubangi area pinggir penutup botol dan jangan sampai terpotong. Selipkan kain yang sudah disiapkan kedalam lubang, biarkan menjuntai. Lubangi juga pada bagian atas botol untuk jalan akar tanaman nantinya.

Air adalah media utama dalam ber-hidroponik, maka gunakan banyak air bersih (jangan air ledeng) sebagai medianya. Campur air bersih dengan nutrisi pada ember, dan setelah merata segera masukan ke bagian botol yang bawah dengan volume 2/3. Masukkan bagian atas botol dengan kain menghadap kebawah dan masuk ke air. Untuk jelasnya, dapat kita lihat pada gambar dibawah :

Hidroponik Pakai Botol Bekas

Terdapat media tanam hidroponik selain air yang diperlukan, beberapa adalah hydrogel, rockwool, cocopeat, dan sekam bakar. Kita bisa langsung menanam tanaman yang telah disiapkan, atau bisa nenanam tanaman dari biji.

Sering – seringlah mengecek tanamanmu, khususnya kondisi air nutrisi. Segera tambahkan air jika telah banyak berkurang dan juga ber-pH tinggi, biasanya ditandai dengan kekentalan air nutrisi yang digunakan.

Demikianlah cara ber-hidroponik pakai botol bekas, simple dan mudah. Hal – hal lain tentang tanaman hidroponik adalah sinar matahari dan juga pengendalian hama, untuk ini tempatkan tanaman pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung  (cukup teduh saja). Hama pada tanaman hidroponik biasanya mudah sekali untuk dikendalikan, cukup semprot dengan larutan air bawang putih. Selamat ber-hidroponik pakai botol bekas ya …

Komentar

Berita Terbaru