oleh

Cegah Bertambahnya Pelanggar, Satlantas Beri Edukasi Lalu Lintas Pada Pelajar

Jumlah pelanggar lalu lintas semakin bertambah. Angka tersebut didominasi para pelajar usia tingkat SMP dan SMA. Hal tersebut terdata dalam catatan Satlantas Polres Grobogan. Dasar itulah yang membuat Satlantas Polres Grobogan mengadakan kegiatan sosialisasi etika berkendara di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Grobogan.

 

Tujuan pertama yakni SMKN 2 Purwodadi. Kegiatan tersebut dilaksanakan Jumat (10/5) dan disambut antusias para siswa. Petugas langsung masuk ke tiap-tiap kelas memberikan edukasi mengenai pentingnya beretika dalam berlalu lintas.

 

Terlihat seorang petugas menggambar simbol rambu lalu lintas di papan tulis. Dua buah simbol rambu lalu lintas digambarkan dan dijelaskan kepada para siswa mengenai fungsi dari simbol tersebut.

“Kalau pada gambar sebelah kiri ini, artinya adik-adik boleh berkendara tidak boleh dengan kecepatan lebih dari 40 km/jam. Kemudian, kalau simbol yang sebelah kanan ini artinya adik-adik boleh parkir di tempat tersebut,” jelas seorang petugas saat memaparkan makna simbol peraturan lalu lintas.

 

Di kelas lain, terlihat Kanit Dikyasa Satlantas Polres Grobogan Iptu Umbarwati mengingatkan kepada para siswa agar mengenakan helm keselamatan saat berkendara. Harapannya, saat para pelajar ini berkendara, mereka dapat mengantisipasi diri dari kecelakaan.

 

Menurut Kasat Lantas Polres Grobogan, AKP I Putu Bagus Krisna, kegiatan sosialisasi ini bertujuan memberikan pengenalan kepada siswa terhadap etika berlalu lintas di jalan raya. Dari sosialisasi ini diharapkan siswa dapat tertib beralu lintas dan mengerti etika dan aturan mengendalikan kendaraan yang baik.

Komentar

Berita Terbaru