oleh

Persiapan Lebaran, Polisi Sidak Sejumplah Pool Bus AKAP

Untuk Menjaga Keselamatan Awak Bus Dan Penumpang

Menjelang hari raya Idul Fitri, Satlantas Polres Grobogan bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan mengadakan inspeksi mendadak ke sejumlah pool bus antar kota antar provinsi (AKAP). Hal tersebut terkait dengan persiapan mudik yang identik dilakukan masyarakat saat momen Lebaran. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di perantauan yang mayoritas menggunakan armada bus sebagai sarana transportasi menuju kampung asalnya.

Kegiatan sidak ini dipimpin Kasat Lantas Polres Grobogan AKP I Putu Bagus Krisna Purnama. Tujuan pertama yakni pool Bus Zentrum yang berada di Desa Putat, Kecamatan Purwodadi, Kamis (9/5). Di pool tersebut, petugas langsung mengadakan pengecekan satu per satu.

Pengecekan tersebut dimulai dari fungsi lampu sign, klakson, hingga peralatan keamanan pendukung yang dipergunakan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para penumpang.

Tidak itu saja, petugas juga melakukan pengecekan kesehatan para sopir bus yang hendak melakukan perjalanan. Pemeriksaan tensi darah hingga organ dalam sopir dilakukan guna mengetahui boleh atau tidaknya sopir melakukan perjalanan jauh. Selain itu, mereka juga diberikan vitamin untuk menunjang stamina saat mengemudikan armada bus tersebut.

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP I Putu Bagus Krisna mengatakan, pengecekan ini terkait kesiapan dan kelengkapan armada bus agar layak jalan. Di samping itu, pihaknya mengecek kesehatan para sopir dari pengaruh minuman beralkohol yang dapat membahayakan penumpang dan pengendara lainnya di jalan.

“Pengecekan ini kita lakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan bus AKAP. Kita cek mulai dari armada hingga kondisi kesehatan para sopirnya,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Jepara tersebut.

Dari pemeriksaan ini, ditemukan bagian ban yang sudah gundul pada beberapa kendaraan bus. Meski demikian, kegiatan tersebut mendapatkan antusias dari pemilik pool Zentrum. Mereka menyambut baik adanya kegiatan ini yang berdampak pada keselamatan pengemudi dan penumpang saat berada di jalan.

“Sebelumnya kita selalu rutin melakukan pengecekan terhadap armada dan kesehatan sopir. Namun, kita menyambut baik pengecekan dari kepolisan ini untuk evaluasi ke depan. Tadi ada pemberian vitamin kepada sopir, kita belum pernah melakukan ini. Ke depan, kita akan berikan untuk menjaga kesehatan sopir,” ucap Michael, pengelola pool Zentrum Purwodadi di sela-sela pemeriksaan tersebut.

Komentar

Berita Terbaru