oleh

Ampuh! 3 Cara Jitu Cegah Tikus Masuk Rumah Dimusim Penghujan

Saat datang musim penghujan, sering kali kita akan mengalami berbagai permasalahan terkait dengan rumah kita. Selain kekhawatiran akan masalah banjir karena kebocoran air, kerap kali hewan – hewan liar seperti tikus masuk kerumah untuk menghindari genangan air kala hujan. Tikus – tikus liar yang masuk kedalam rumah tentu saja akan sangat menganggu, seperti membuat suara – suara gaduh, membuat beberapa sudut ruangan berbau busuk, merusak beberapa bagian rumah dan tentu saja dapat menyebabkan beberapa penyakit.

Cara Jitu Cegah Tikus Masuk Rumah Dimusim Penghujan

Untuk mengatasinya, sangat perlu kita mengambil beberapa langkah agar rumah kita aman dari tikus saat musim penghujan. Maka berikut ini tips tentang cara mencegah tikus masuk rumah kala musim penghujan untuk membantu anda mengatasi masalah ini.     

Cara Mencegah Dan Mengusir Tikus Liar Masuk Kedalam Rumah  

1. Cari Letak Masuk Tikus

Saat kita ingin mengusir tikus didalam rumah, kita juga bisa dengan meletakkan perangkap. Maka untuk meletakkan perangkap ini, carilah dan temukan lokasi masuk tikus – tikus ini agar perangkap dapat bekerja efektif.

Letakan beberapa perangkap tikus sesuai kebutuhan dan kondisi rumah, agar tikus tidak menyadari kita memasang perangkap ditempat tersebut. Minimalkan penggunaan racun tikus yang mempunyai efek buruk untuk lingkungan, apalagi jika anda mempunyai hewan peliharaan didalam rumah. Berhati – hatilah jika anda menggunakan racun untuk mengusir tikus dari rumah.

Cara Cegah Tikus Masuk Rumah

2. Rutin Memeriksa Gudang Atau Garasi

Tikus yang masuk Gudang dan garasi akan sangat merepotkan, terutama karena menjadi tempat penyimpanan barang – barang. Tikus dapat merusak alat – alat atau bahkan mobil dalam garasi, saat kita akan menggunakannya. Tentunya hal tersebut akan sangat mengesalkan.

Untuk itu kita sangat perlu mengecek dan memerika kondisi Gudang atau garasi secara rutin setiap harinya, apalagi saat datang musim penghujan seperti sekarang. Tempatkan beberapa jendela dari kaca pada dinding, atau bisa juga memasang atap kaca agar sinar matahari dapat masuk. Pasang juga lampu untuk penerangan yang cukup, agar Gudang atau garasi tidak pengap. Kondisi ruangan yang kurang cahaya dapat mengundang tikus untuk masuk dan membuat sarang.

3. Memangkas Rumput Dan Ranting Pohon Disekeliling Rumah

Rumput – rumput liar dan ranting pohon yang rimbun disekeliling rumah, juga dapat membuat tikus masuk rumah kita saat musim pengujan. Untuk itu, segeralah pangkas untuk mencegahnya. Selain itu, dengan membersihkan rumput disekeliling rumah akan membuat suasana tampak lapang dan luas. Kitapun dapat mengecek beberapa sudut rumah dengan seksama saat melakukan pembersihan. Jika anda suka memelihara kucing, maka dapat dilakukan untuk mencegah tikus masuk rumah.

Cara Cegah Tikus Masuk Rumah

Tikus liar memang dapat menjadi ancaman saat musim penghujan, namun dengan persiapan yang benar kita tidak akan perlu takut lagi akan dampaknya. Jadi selamat mencoba beberapa tips diatas tadi.

Komentar

Berita Terbaru