oleh

Tips Musim Penghujan Agar Rumah Awet, Membersihkan Talang

Kini kita telah memasuki musim penghujan, apakah anda telah melalukan beberapa persiapan untuk menghadapinya? Seperti membersihkan sampah – sampat di tempat anda, atau memperbaiki atap dan talang agar tidak bocor, atau beberapa hal penting lainnya.

Satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan, pada saat kita memasuki musim penghujan adalah membersihkan area talang. Talang akan menjadi jalan untuk mengalirkan air hujan langsung kembali ketanah, sehingga tidak akan masuk dan menggenangi rumah. Namun sering kali talang luput dari perhatian kita, sehingga air hujan sering terjebak diarea talang dan dapat masuk kedalam rumah / bocor. Kotoran pada talang umumnya berupa daun dan ranting kecil jika disekeliling rumah terdapat banyak pohon. Semakin banyak pepohonan disekitar rumah, talang harus sering diperhatikan.

Tidak ada jadwal rutin untuk membersihkan talang, pada saat kita membersihkan rumah. Namun kita dapat memulai menjadwalkan kegiatan tersebut saat memasuki musim penghujan seperti sekarang ini. Sebab talang seringkali kurang mendapat perhatian saat pembersihan atau saat mendekor ulang rumah, salah satunya adalah letaknya yang sulit untuk dijangkau. Sehingga kita mengetahui talang bermasalah saat telah terjadi kebocoran pada atap, dinding dan lokasi lainnya.

Tips Musim Penghujan

Untuk menghindari kebocoran saat musim penghujan, bersihkan talang paling tidak empat bulan sekali atau tiga kali dalam setahun.

Untuk membersihkan talang cukuplah mudah, sediakan tangga untuk menjangkau bagian sisi talang. Utamakan keselamatan dengan memastikan tangga terpasang dengan baik. Berdirilah ditangga dengan posisi pinggang berada di tengah kedua pegangan tangan, dan hindari terlalu bersandar pada satu sisi saja. Jangan berdiri pada dua anak tangga teratas!

Pembersihan talang juga dapat dilakukan melalui atap rumah, namun hanya bisa dilakukan pada kondisi tertentu. Seperti cuaca yang mendukung, kondisi atap kering, dan rangka atap juga kuat.

Pakailah alat keselamatan, seperti alas kaki anti selip agar tidak mudah terpeleset, sarung tangan dan kaca mata pelindung jika ada serta topi atau helm safety. Mulailah membersihkan talang dengan menggunakan sekop kecil, kumpulkan dan buang kebawah. Kotoran talang berupa daun dan ranting pohon, merupakan limbah organik yang dapat dijadikan kompos untuk tanaman anda. Selesaikan pembersihan talang dengan menyeprotkan air dengan selang, saat semua kotoran padat tadi telah kita bersihkan. Lebih bagus jika anda mempunyai alat semprot yang sangat kuat untuk membersihkan kotoran yang tersisa.

Dengan memastikan talang bersih dan tidak tersumbat, maka rumah kita aman untuk memasuki musim penghujan. Selamat mencoba!

Komentar

Berita Terbaru