oleh

Jangan Takut Virus Corona COVID-19! Cegah Dengan Cara Ini!

Epidemi virus Corona COVID-19 yang awal mula mewabah di Thiongkok atau China daratan, tak terasa kini telah menjalar kebeberapa negara didunia termasuk Indonesia. Virus yang bermutasi dari virus flu biasa ini telah memakan banyak korban jiwa diseluruh dunia, bahkan beberapa negara menetapkan status Lockdown diwilayahnya. Menurut data dari bahan kesehatan dunia WHO, virus COVID-19 dapat menjalar dengan sangat cepat, sehingga sangat patut sekali untuk diwaspadai.

Coron2
ilustrasi Virus

Di Indonesia sendiri, berbagai upaya penanggulangan terhadap wabah virus Corona ini sendiri dilakukan dengan sangat sigap oleh pemerintah. Beberapa diantaranya adalah membatasi aktivitas warga, dan melakukan langkah isolasi dibeberapa kota.

Salah satu langkah untuk menghindari terpapar virus Corona atau COVID-19 adalah menjaga kebersihan tangan, mengingat virus tersebut menular saat kita melakukan kontak langsung. Dan tangan merupakan anggota badan yang sangat sering melakukan kontak langsung dengan orang ataupun benda – benda disekeliling.

Menariknya kita sendiri dapat dengan mudah membunuh berbagai virus yang mungkin menempel ditangan kita, termasuk virus Corona COVID-19 ini hanya dengan mencuci tangan memakai sabun.

Cuci Tangan Selama 20 Detik

Ya, cukup dengan sabun biasa saja apapun merknya dan tidak perlu memakai sabun antiseptik mahal. Seperti yang ditunjukan oleh salah satu chanel youtube berita berbahasa Inggris VOX, kita sendiri dapat dengan mudah membunuh berbagai virus dengan mencuci tangan memakai sabun selama 20 detik.

Dalam video berjudul “How soap kills the coronavirus” tersebut dijelaskan bahwa sabun dapat membunuh berbagai macam virus dan melarutkannya bersama dengan air dengan mudah.

Coron3 300x178
Mencuci Tangan Dengan Sabun

Hal tersebut dapat terjadi karena lapisan luar tubuh virus adalah lemak, dan sabun dapat melarutkan lemak dengan mudah di air. Tubuh virus akan terkoyak saat terkena cairan sabun, seperti yang diperagakan dalam video tersebut.

Selain sabun, cairan Desinfektan juga sangat efektif untuk membunuh virus, karena memiliki cara kerja yang hampir mirip dengan sabun. Cairan Desinfektan semprot ataupun oles juga digunakan untuk menanggulangi penularan wabah virus Corona COVID-19 dibeberapa negara. Cairan ini sangat efektif dalam membunuh virus – virus seperti virus Corona, flu dan lain – lain.

Untuk lebih jelasnya, silahkan menonton penjelasan video berjudul “How soap kills the coronavirus” dari chanel berita VOX berikut :

Demikianlah sedikit informasi yang dapat kami berikan kepada masyarakat untuk melakukan penanggulangan terhadap wabah virus Corona COVID-19, semoga bermanfaat.

Komentar

Berita Terbaru