oleh

Kotak Suara Disegel 4 Desember 2020

Kotak Suara Akan Disegel 4 Desember 2020, TPS Khusus Disiapkan

GROBOGAN – Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo mengatakan, terkait kotak suara akan disegel tanggal 4 Desember 2020. Selain melakukan penyegelan surat suara, pada hari selanjutnya yakni tanggal 5-6 Desember 2020 akan dilakukan pergeseran kotak suara dari KPU ke PPK dan dilanjutkan pergeseran kotak suara atau pendistribusian kotak suara dari PPK ke PPS akan dilakukan pada 7-8 Desember 2020.

Hal tersebut diungkapkan Agung Sutopo saat mengikuti rapat desk pemilihan bupati dan wakil bupati Grobogan 2020 dan dihadiri Pjs Bupati Grobogan Haerudin, Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan, Ketua Bawaslu Fitria Nita Witanti, Sekda Grobogan Moh Soemarsono dan Pasi Intel Kodim 0717/Purwodadi, Kapten Inf Susilo.

“Tanggal 8 Desember 2020, pergeseran kotak suara dilakukan dari PPS ke TPS. Kemudian, dalam hari H pelaksanaannya nanti, penghitungan akan dilaksanakan mulai jam 13.00 WIB sampai selesai. Semua tahapan pencoblosan menggunakan protokoler kesehatan yang ketat. Untuk pemantau pemilu, hanya ada satu yaitu jaringan pendidikan pemilih rakyat atau JPPR,” jelas Agung, saat menjelaskan terkait skema pelaksanaan Pilbup Grobogan, 9 Desember 2020 mendatang.

Sosialisasi Terakhir

Pihaknya mengatakan, persiapan lain yang dilakukan KPU Grobogan antara lain rencana sosialisasi yang akan dilaksanakan bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Grobogan. Hal tersebut rencananya akan dilakukan melalui Khutbah Shalat Jumat sebelum massa tenang berlangsung.

“Untuk logistik APD sampai dengan saat ini sudah didistribusikan di tingkat PPK dan untuk alat bantu tuna netra masih dalam proses pengiriman dari Jember, Jawa Timur. Khusus untuk baju APD yang nanti akan dibagikan ke setiap TPS, apabila tidak terpakai akan ditarik kembali dan akan dihibahkan ke RS milik Pemkab Grobogan.”

“Kemudian, untuk pasien yang sedang dirawat di RS, kami akan berkoordinasi dengan pihak satgas Covid-19 Kabupaten Grobogan. Pada H-3 pencoblosan, kami akan mendata kembali jumlah tahanan dengan berkoordinasi dengan Rutan Klas IIB Purwodadi, Kejari Grobogan dan Polres Grobogan,” ungkap Agung.

SS Rusak Sudah Diganti

Agung menerangkan, terkait 4.000 surat suara yang rusak, sudah mendapatkan penggantian dari pihak percetakan. Pihaknya menargetkan penyampulan surat suara per TPS yang dilaksanakan mulai hari ini, ditargetkan selesai dalam waktu dua hari.

“Dan setelah selesai penyampulan, langsung dibungkus plastik untuk mengantisipasi musim hujan,” tutup Agung.

Komentar

Berita Terbaru